Pengembangan Game Edukasi Melalui Construct 2 Sebagai Media Alternatif Pengenalan Keaksaraan Anak Usia Dini

Main Article Content

Aisya Dinda Suci
Deri Hendriawan
Roby Naufal Arzaqi

Abstract

Kemampuan membaca permulaan merupakan salah satu kemampuan dasar berbahasa anak usia dini yang diajarkan di lingkup sekolah. Pada usia ini mayoritas anak-anak sudah memiliki pemahaman yang cukup baik tentang jenis dan makna kata, namun mereka seringkali masih kesulitan untuk mengeja atau menyusun huruf dari kata tersebut. Untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran berbasis digital yang dapat dipelajari dimanapun dan kapanpun. Media ini juga diciptakan untuk menarik minat membaca dan belajar anak. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji sejauh mana tingkat fungsionalitas dan kelayakan game edukasi sebagai alternatif pengenalan keaksaraan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (D&D) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.  “Game Development Life Cycle” (GDLC) digunakan sebagai pedoman prosedur pengembangan game edukasi pada penelitian. Penelitian ini melibatkan validator, yaitu ahli media dan ahli materi yang melakukan pengujian game untuk memastikan kualitas dan keefektifan game. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan “SUKA GAME” melalui aplikasi Construct 2 sebagai media pembelajaran berbasis digital merupakan alat media yang layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran pengenalan dan melatih kemampuan aksara anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dinda Suci, A., Hendriawan, D., & Naufal Arzaqi, R. (2024). Pengembangan Game Edukasi Melalui Construct 2 Sebagai Media Alternatif Pengenalan Keaksaraan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.654
Section
Articles

References

M. G. Jelinda et al., “Jurnal Inovasi Pendidikan Upaya Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Kotak Alfabet Di Tk Kasih Tiara Nusa Borong,” vol. 7, pp. 72–79, 2024.

D. L. Rahayu and E. Destiana, “Peningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Kartu Huruf Brgambar pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Sumorame Candi Sidoarjo,” no. 3, pp. 1–16, 2024.

A. Wikaningtyas and N. K. Afandi, “Efektivitas Bermain Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik pada Anak Usia 5-6 Tahun,” vol. 5, pp. 66–76, 2024.

Yani A, “Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini,” J. Mimb., vol. 4(2), no. 1, p. 114, 2019, doi: 10.31004/aulad.v7i1.608.

A. Fell, “GENERATION,” no. July, 2020.

M. Hale, “Generation Alpha,” EDULEAD J. Christ. Educ. Leadersh., vol. 3, no. 2, pp. 240–245, 2022, doi: 10.47530/edulead.v3i2.126.

N. Qotrunnida, E. Supriatna, and R. Naufal Arzaqi, “Penggunaan Chatbot Mela terhadap Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Indonesia Anak di RA Darul Mu’minin,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 448–459, 2023, doi: 10.37985/murhum.v4i1.241.

E. Supriatna and R. T. Savira, “The Potential of Jenderal Soedirman’s Short Film as Learning Media in National Events of the Colonial Period’s Material for Fifth Graders: A Semiotics Analysis,” J. Educ. Technol., vol. 5, no. 3, pp. 409–416, 2021, doi: 10.23887/jet.v5i3.36022.

S. Wasis, “Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud),” Pedagog. J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 37–41, 2022.

A. Lestariningrum, A. Pupung, Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Adjie Media Nusantara, 2018.

T. M. Group, “Ojs+Ebook+Teori+Bermain”.

J. Jackson, “Myths of Active Learning: Edgar Dale and the Cone of Experience,” HAPS Educ., vol. 20, no. 2, pp. 51–53, 2016, doi: 10.21692/haps.2016.007.

I. D. Aldiansyach and F. Nurlaila, “Pembuatan Aplikasi Game Edukasi ‘ Tebak Nama Pahlawan Nasional ’ Dengan Construct 2 Berbasis Android ( Studi Kasus : MI Islahuddiniyyah ),” vol. 99, no. 99, pp. 3389–3394, 2022.

M. I. Arif and N. R. Dewi, “Kajian Teori: Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Software Construct 2 untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis,” Prism. Pros. Semin. Nas. …, pp. 91–96, 2024, [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2939%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/download/2939/2400

F. H. Saputri and G. A. I. A. Putra, “Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Game Edukasi Untuk Siswa Kelas 7 Madrasah Tsanawiyah Al-Hafizh Rajeg,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 8, no. 1, pp. 16–25, 2023, doi: 10.33379/gtech.v8i1.3448.

F. Khoirudin, Hazim; Al Irsyadi, “Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Bagian Tumbuhan Untuk Anak Tunagrahita Di Slb Negeri Sukoharjo,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2024. [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/119742

F. A. Sholehah, I. S. Windiarti, and M. H. Qamaruzzaman, “Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Construct 2,” J. Sains Komput. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 78–82, 2023, doi: 10.33084/jsakti.v6i1.4639.

N. Sari, P. Dayurni, and M. Nur, “Pengembangan Edu-Game dalam Meningkatkan Kesadaran Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 555–567, 2023, doi: 10.37985/murhum.v4i2.352.

D. Hendriawan and L. N. Asriah Maulia, “Integrated Teaching Material with Education for Sustainable Development on History Subject for High Schools Curriculum Development,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1477, no. 4, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1477/4/042030.

J. W. Creswell and J. D. Creswell, Mixed Methods Procedures. 2018.

R. Ramadan and Y. Widyani, “Game development life cycle guidelines,” 2013 Int. Conf. Adv. Comput. Sci. Inf. Syst. ICACSIS 2013, no. September 2013, pp. 95–100, 2013, doi: 10.1109/ICACSIS.2013.6761558.

M. Sholeh, I. Gisfas, Cahiman, and M. A. Fauzi, “Black Box Testing on ukmbantul.com Page with Boundary Value Analysis and Equivalence Partitioning Methods,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1823, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1823/1/012029.

A. Mewengkang, O. E. S. Liando, M. R. Ngodu, E. R. S. Moningkey, and T. Wantania, “Android Based Application for Children Learning with Indonesian and Mongondow Language,” vol. 299, no. Ictvet 2018, pp. 475–478, 2019, doi: 10.2991/ictvet-18.2019.109.

R. N. A. Sri Winarti, Shafa Fitriyani, Anisa Rizqi Rahmatillah, and Lathipah Hasanah, “Evaluasi Speech Therapy Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Speech Delay,” JECED J. Early Child. Educ. Dev., vol. 4, no. 1, pp. 25–44, 2022, doi: 10.15642/jeced.v4i1.1858.

A. W. H. Anisawwn, A. Chandra, and J. Sulianto, “Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau Dari Aspek Fonetik Dan Aspek Semantik,” Gener. Emas, vol. 5, no. 1, pp. 1–7, 2022, doi: 10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(1).7482.

Y. Zakaria, Jelita; Paulina, “Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athafal,” Lateralisasi J. Kaji. Bahasa, Sastra, vol. 08, pp. 17–26, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.umb.ac.id/index.php/lateralisasi/article/view/1248

M. Brantasari, “Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, pp. 42–51, 2022, doi: 10.37985/murhum.v3i2.119.

R. Ardiana, “Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 20–27, 2021, doi: 10.37985/murhum.v2i2.47.