Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan bahan ajar,yaitu media pembelajaran kartu domino untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini yang layak untuk digunakan sebagai penunjang bahan ajar. Penelitian ini menggunakan Research and Development menggunakan prosedur ADDIE. Penelitian ini meliputi: Analisis (Analisysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Uji coba pada penelitian ini terbagi menjadi dua yakni uji coba ahli yang meliputi ahli media dan ahli materi, serta uji coba produk di RA Perwanida 2 Bandar Lampung dan TK IT Mutia Rossa. Metode pengumpulan data yang dilakukan yakni menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan  deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penilaian terhadap kelayakan media yang dilakukan oleh ahli  media menunjukkan skor 3,8 dengan kriteria “Sangat Baik”, penilaian oleh ahli mater imenunjukkan skor 3,3 dengan kriteria “Baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghasilkan produk berupa media kartu domino yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layakdigunakan sebagai bahan ajar menghaslkan produk berupa media kartu domino untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. (2022). Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 78-89. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91
Section
Articles

References

N. F. Ruhyana, “Aksesibilitas Anak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Sumedang,” JIV-Jurnal Ilm. Visi, vol. 13, no. 2, pp. 101–111, Dec. 2018, doi: 10.21009/JIV.1302.4.

N. Nurdin and L. O. Anhusadar, “Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 982, Mar. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v4i2.485.

S. Afrianti, M. I. Daulay, and P. Asilestari, “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo,” Aulad J. Early Child., vol. 1, no. 1, pp. 52–59, Dec. 2018, doi: 10.31004/aulad.v1i1.6.

H. Zaini and K. Dewi, “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” Raudhatul Athfal J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 81–96, Oct. 2017, doi: 10.19109/ra.v1i1.1489.

M. R. Yamin and K. Karmila, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cartoon dalam Pembelajaran IPA pada Materi Lingkungan Kelas III SD,” Biol. Teach. Learn., vol. 2, no. 2, Sep. 2020, doi: 10.35580/btl.v2i2.12307.

D. Kore, R. Wondal, and R. Samad, “Peran Permainan Ludo dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Ilm. CAHAYA PAUD, vol. 2, no. 1, pp. 106–116, Nov. 2020, doi: 10.33387/cp.v2i1.2068.

L. O. Anhusadar and H. Wulandari, “Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Agama Pada Anak Usia Dini,” Al-Athfaal J. Ilm. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 58–68, Sep. 2019, doi: 10.24042/ajipaud.v2i1.4622.

N. Widiastita and L. Anhusadar, “Bermain Playdough dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit di Tengah Pandemi Covid-19,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 50–63, 2020, doi: 10.37985/murhum.v1i2.17.

R. Jawati, “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak melalui Permainan Ludo Geometri di PAUD Habibul Ummi II,” SPEKTRUM J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 1, no. 1, p. 250, May 2013, doi: 10.24036/spektrumpls.v1i1.1537.

M. A. S. Sandu Siyoto, Dasar Metodologi Penelitian, 1st ed. Yogyakarta: literasi medis publishing, 2015.

K. Sadiyah, D. Diana, and D. Setiawan, “Efektivitas Metode Tabarak di Outdoor dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah Pendek pada Anak Usia Dini,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, no. 2, pp. 38–47, Dec. 2021, doi: 10.37985/murhum.v2i2.49.

R. Ardiana, “Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, pp. 1–12, Feb. 2022, doi: 10.37985/murhum.v3i1.65.

E. Khaeriyah, A. Saripudin, and R. Kartiyawati, “Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini,” AWLADY J. Pendidik. Anak, vol. 4, no. 2, p. 102, Sep. 2018, doi: 10.24235/awlady.v4i2.3155.

Renti Oktaria, “Summary for Policymakers,” in Climate Change 2013 – The Physical Science Basis, vol. 53, no. 9, Cambridge University Press, 2014, pp. 1–30.

F. Wahyuni and S. M. Azizah, “Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini,” Al-Adabiya J. Kebud. dan Keagamaan, vol. 15, no. 01, pp. 161–179, Jul. 2020, doi: 10.37680/adabiya.v15i01.257.

F. U. Ritonga et al., “Penerapan Metode Belajar Sambil Bermain Guna Memenuhi Kebutuhan Pengembangan Diri Anak,” J. Pengabdi. Masy. Bid. Sos. dan Hum., vol. 1, no. 1, pp. 30–35, 2022, doi: 10.55123/abdisoshum.

T. Nur Aizatun Muna and others, “Fraction Dominoes as Teaching Tools Using Sets in Mathematics Teaching,” Elem. Sch. Teach., vol. 2, no. 2, 2018, doi: 10.15294/est.v2i2.16800.

N. Melawati and T. Tresnawulan, “Meningkatkan Kemampuan Intelektual Anak Usia Dini Melalui Permainan Domino Stik pada Kelompok B di TK Trialingga Kinderschool Kota Cimahi,” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., vol. 1, no. 2, p. 58, Jul. 2018, doi: 10.22460/ceria.v1i2.p58-64.

E. Yuli and I. Ruswandy, “Modification of Domino Card Game As an Alternative to The Introduction of Letters For Early Age Children,” Empower. J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Luar Sekol., vol. 8, no. 2, pp. 135–142, 2019.