Keefektifan Permainan Tradisional Tapo’ Pipit untuk Menstimulasi Aspek Perkembangan Kognitif pada Anak Usia 5-6 Tahun

Main Article Content

Anggi Sriwahyuni Nasution
Halida Halida
Lukmanulhakim Lukmanulhakim
Ariyani Ramadhani

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai usaha dalam meningkatkan keterampilan kognitif anak melalui pendekatan pendidikan yang melibatkan permainan tradisional Tapo' Pipit. Riset ini menjadikan anak usia 5 – 6 tahun  di TK Primanda UNTAN sebagai focus utama. Penggunaan permainan tradisional Tapo' Pipit sebagai alat pembelajaran bagi anak usia dini bermaksud untuk memajukan aspek perkembangan kognitif anak melalui metode penelitian kuantitatif (eksperimen pre-test dan post-test). Pengumpulan data menggunakan pendekatan eksperimental, yang terdiri dari (1) observasi terhadap perkembangan kognitif anak, (2) pemberian permainan tradisional Tapo' Pipit untuk mengukur efektivitasnya terhadap kemajuan kognitif anak, dan (3) observasi terhadap pengaruh permainan tradisional Tapo' Pipit terhadap perkembangan kognitif anak. Pengolahan data dilaksanakan dengan teknik statistik Independent Sample T-test. Statistik kemampuan anak sebelum dan setelah perlakuan dinilai menggunakan skala penilaian, dan hasilnya dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. capaian penelitian mengindikasikan permainan tradisional Tapo' Pipit memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Primanda Untan. terbukti terdapat peningkatan kemampuan kognitif anak setelah mereka terlibat dalam perlakuan menggunakan permainan tradisional Tapo' Pipit. Permainan ini terbukti mampu meningkatkan potensi anak dalam hal pemecahan masalah, mencermati simbol, dan berpikir logis, sebagaimana diamati pada setiap anak di kelas B1 TK Primanda Untan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sriwahyuni Nasution, A., Halida, H., Lukmanulhakim, L., & Ramadhani, A. (2024). Keefektifan Permainan Tradisional Tapo’ Pipit untuk Menstimulasi Aspek Perkembangan Kognitif pada Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 507–520. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.586
Section
Articles

References

Siti Nur Hayati and K. Z. Putro, “Bermain dan Permainan Anak Usia Dini,” Gener. Emas, vol. 4, no. 1, pp. 52–64, Jul. 2021, doi: 10.25299/jge.2021.vol4(1).6985.

N. Widiastita and L. Anhusadar, “Bermain Playdough dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit di Tengah Pandemi Covid-19,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 50–63, Dec. 2020, doi: 10.37985/murhum.v1i2.17.

M. M. Habibi, “Penanganan Kecemasan pada Anak Usia Dini Melalui Terapi Bermain,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 156–162, Mar. 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i1.297.

M. Muharrahman, N. Loka, A. Syarfina, M. Kibtiyah, and N. Sari, “Implementasi Permainan Tradisional Petak Umpet pada Anak Usia Dini di Era Society 5.0,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 2, pp. 1368–1380, Mar. 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i2.3425.

I. Islamiyah, A. D. Novianti, and L. Anhusadar, “Pengaruh Terapi Bermain Puzzel untuk Penurunan Kecemasan Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 87–98, 2024, doi: 10.37985/murhum.v5i1.409.

S. Susanti and Y. Nurtania, “Model perilaku komunikasi Komunitas Hong dalam melestarikan permainan dan mainan tradisional sunda,” Komuniti J. Komun. dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 2, pp. 126–145, 2017, doi: 10.23917/komuniti.v9i2.4917.

N. F. Lumbin, R. Yakob, N. Daud, R. Yusuf, R. Rianti, and P. Ardini, “Permainan Tradisional Gorontalo Ponti dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia 5-6 tahun,” J. Pendidik. Anak, vol. 11, no. 1, pp. 52–59, May 2022, doi: 10.21831/jpa.v11i1.41219.

F. Firoziah, A. Andrisyah, and others, “Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Permainan Petak Umpet pada Kelompok A,” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., vol. 5, no. 6, pp. 629–639, 2022, doi: 10.22460/ceria.v5i6.12648.

H. P. Yudiwinata, “Permainan tradisional dalam budaya dan perkembangan anak,” Paradigma, vol. 2, no. 3, 2014, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9088

N. Cahyati Ngaisah et al., “Permainan Tradisional Engklek sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Tunagrahita,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 74–85, Mar. 2023, doi: 10.37985/murhum.v4i1.159.

R. Widyaning Tyas and C. Widyasari, “Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 508–516, Jul. 2023, doi: 10.37985/murhum.v4i1.255.

S. Saripaini, M. Hanif, and Z. Lessy, “Spiritualitas Dalam Narasi dan Pantang Larang Permainan Tradisional di Kalangan Anak-Anak Desa Punggur Kecil, Kubu Raya, Kalimantan Barat,” Gulawentah J. Stud. Sos., vol. 7, no. 2, pp. 133–144, 2022, doi: 10.25273/gulawentah.v7i2.13726.

M. A. Subarkah, “Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak,” Rausyan Fikr J. Pemikir. dan Pencerahan, vol. 15, no. 1, pp. 1065–1074, Feb. 2019, doi: 10.31000/rf.v15i1.1374.

S. Mawaddah and S. Pohan, “Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna terhadap Perkembangan Kognitif Anak,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 99–111, 2024, doi: 10.37985/murhum.v5i1.453.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung, 2019.

V. Heryanti, W. Wembrayarli, and H. Hadiwinarto, “Meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui permainan tradisional (congklak),” Univ. Bengkulu, vol. 32, 2014, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/35338459.pdf

P. I. Lestari and E. Prima, “Permainan congklak dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun,” in Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 2018, vol. 1. doi: 10.36002/snts.v0i0.525.

R. Ardiana, “Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, pp. 1–10, Aug. 2022, doi: 10.37985/murhum.v3i2.116.

G. A. Sasi, E. Wuryani, and - Sunardi, “Modifikasi Atau Modernisasi (?): Permainan Anak di Sekolah Kartini Semarang,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 11, no. 1, pp. 80–90, Jan. 2021, doi: 10.24246/j.js.2021.v11.i1.p80-90.

W. Firman and L. O. Anhusadar, “Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini,” KIDDO J. Pendidik. Islam Anak usia Dini, vol. 3, no. 2, pp. 28–37, 2022, doi: 10.19105/kiddo.v3i2.6721.

W. D. Hardiyanti, “Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun,” J. Pendidik. Anak, vol. 9, no. 2, pp. 134–139, Nov. 2020, doi: 10.21831/jpa.v9i2.31664.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)