Penerapan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Satuan PAUD

Main Article Content

Putri Alifah Andhianto
Yulianti Fitriani
Pepi Nuroniah

Abstract

Pembelajaran STEAM yang terintegrasi dengan Project Based Learning (PjBL) menarik untuk diteliti karena merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan peserta didik yang dibutuhkan pada abad 21. Pada perkembangan pasar global saat ini, hampir seluruh pekerjaan membutuhkan keterampilan berpikir kritis dan berkomunikasi sehingga masa usia dini merupakan masa fundamental untuk membekali anak memiliki kemampuan kecakapan hidup dalam proses pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan P5 melalui kegiatan Panjang Mulud sebagai basis pembelajaran STEAM di TK Putra II Serang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yakni peserta didik kelompok B4 sebanyak 14 anak beserta dua guru kelas.  Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan P5 melalui kegiatan Panjang Mulud sebagai basis pembelajaran STEAM di TK Putra II Serang berhasil diterapkan dengan baik sehingga memberikan dampak positif dalam membangun pengetahuan, sikap, dan karakter peserta didik. Hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangsih refensial dan dapat direkomendasikan kepada pihak sekolah yang menyelenggarakan P5 agar lebih memperkuat aktivitas yang mengandung unsur STEAM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alifah Andhianto, P., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Penerapan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Satuan PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 314-326. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.547
Section
Articles
Author Biography

Yulianti Fitriani, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

R. Annisa, M. H. Effendi, and D. Damris, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematic) pada Materi Asam dan Basa Di Sman 11 Kota Jambi,” J. Indones. Soc. Integr. Chem., vol. 10, no. 2, pp. 14–22, Apr. 2019, doi: 10.22437/jisic.v10i2.6517.

M. R. Apriliana, A. Ridwan, T. Hadinugrahaningsih, and Y. Rahmawati, “Pengembangan Soft Skills Peserta Didik melalui Integrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran Asam Basa,” JRPK J. Ris. Pendidik. Kim., vol. 8, no. 2, pp. 42–51, Dec. 2018, doi: 10.21009/JRPK.082.05.

W. Firman and L. Anhusadar, “Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini,” Kiddo J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, pp. 28–37, Sep. 2022, doi: 10.19105/kiddo.v3i2.6721.

A. D. Pertiwi, S. A. Nurfatimah, and S. Hasna, “Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 8839–8848, 2022, doi: 10.31004/jptam.v6i2.3780.

H. Fitri, I. W. Dasna, and S. Suharjo, “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 3, no. 2, p. 201, May 2018, doi: 10.28926/briliant.v3i2.187.

R. A. Pribadi, N. F. A. Putri, and T. P. Ramadhanti, “Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” J. Ilm. dan Karya Mhs., vol. 1, no. 3, pp. 54–68, 2023, doi: 10.54066/jikma-itb.v1i3.305.

M. Munawar, F. Roshayanti, and S. Sugiyanti, “Implementation of STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - Based Early Childhood Education Learning in Semarang City,” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., vol. 2, no. 5, p. 276, Sep. 2019, doi: 10.22460/ceria.v2i5.p276-285.

T. W. Prameswari and A. Lestariningrum, “Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun,” Efektor, vol. 7, no. 1, pp. 24–34, Jun. 2020, doi: 10.29407/e.v7i2.14387.

I. D. Astuti, T. Toto, and L. Yulisma, “Model Project Based Learning (PJBL) Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa,” Quagga J. Pendidik. dan Biol., vol. 11, no. 2, p. 93, Jul. 2019, doi: 10.25134/quagga.v11i2.1915.

S. U. Putri, Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. UPI Sumedang Press, 2019.

S. U. Putri and A. A. Taqiudin, “Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 856–867, Jul. 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1270.

A. N. Fa’izah, A. Nugraha, F. Nurunnisa, N. T. N. Zachari, S. T. Saputra, and R. D. Widjayatri, “Strategi Pengembangan Keterampilan Abad 21 Anak Usia 4-5 Tahun: Analisis Bibliometrik Tahun (2016-2023),” IJIGAEd Indones. J. Islam. Golden Age Educ., vol. 4, no. 1, p. 15, Nov. 2023, doi: 10.32332/ijigaed.v4i1.7976.

N. S. Fitriasari et al., “Play & Fun Portal to Support ‘Steam’ Learning Method in Early Childhood,” in Proceedings of the 2nd International Seminar of Science and Applied Technology (ISSAT 2021), Atlantis Press International B.V., Nov. 2021. doi: 10.2991/aer.k.211106.054.

W. Sujarweni, Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Press, 2014.

J. Siskayanti and I. Chastanti, “Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 1508–1516, Jan. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2151.

K. Maryani and T. Sayekti, “Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 609–619, Dec. 2023, doi: 10.37985/murhum.v4i2.348.

Kemendikbudristek, Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pembelajaran Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022.

S. M. Tamah, C. D. C. K. Dewi, and B. D. Annawati, Penerapan STEM di Taman Kanak-Kanak. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, 2021.

A. Sahabudin, R. Tahir, M. S. D. Hadian, and A. Nugraha, “Budaya Panjang Mulud Sebagai Daya Tarik Wisata Perkotaan Berbasis Masyarakat di Kota Serang,” J. Indones. Hist., vol. 8, no. 2, pp. 169–176, 2019, doi: 10.15294/jih.v8i2.36017.

D. Y. Suminar, “Penerapan Video Interaktif Alur Merrdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis di SMAN 10 Pontianak,” J. Pembelajaran Prospektif, vol. 7, no. 1, pp. 32–39, 2022, doi: 10.26418/jpp.v7i1.55057.

N. Sutrisna, “Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 12, pp. 2683–2694, 2021, doi: 10.47492/jip.v1i12.530.

D. Henriksen, “Creating STEAM with Design Thinking: Beyond STEM and Arts Integration,” STEAM, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, Dec. 2017, doi: 10.5642/steam.20170301.11.

J. Utley, T. Ivey, and J. Cribbs, “Engineering and STEM education,” Sch. Sci. Math., vol. 120, no. 7, pp. 377–378, Nov. 2020, doi: 10.1111/ssm.12435.

S. Wahyuni, R. Reswita, and M. Afidah, “Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Technology, Art, Engineering And Mathemathic Pada Kurikulum PAUD,” J. Golden Age, vol. 4, no. 02, Dec. 2020, doi: 10.29408/jga.v4i02.2441.

Kemendikbudristek, Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022.

Most read articles by the same author(s)